Saturday 28 May 2016

Ayam bacem plus kentang dan tahu

aneka makanan bacem

Ayam bacem plus kentang dan tahu

keindahan dan keunikan budayanya, Yogyakarta atau lebih dikenal juga dengan sebutan kota Jogja juga terkenal sebagai gudang kuliner yan enak enak. Pasti teman teman sudah tahu dan mendengar kelezatan gudeg jogja dengan tahu bacem dan tempe bacemnya yang rasanya sangat legit dan manis tersebut. Kali ini kita akan membuat masakan ayam yang di juga kombinasikan dengan Resep Bacem Jogya yang terkenal tersebut, yaitu Resep Masakan Ayam Goreng Bacem. Buat teman teman yang pernah tinggal di Jogja pasti sudah pernah merasakan kelezatan Ayam Bacem yang digoreng dengan bumbu ketumbar dan gula merah ini. Nah untuk mengobati kerinduan tersebut, yuk kita melihat cara membuat ayam goreng dengan bumbu bacem ayam di bawah ini.

Buat teman teman yang masih tinggal di jogya tentu engan mudah bisa menemukan penjual ayam goreng bacem ini bukan. Tetapi buat teman teman yang sudah meninggalkan kota yang pernah menjadi ibukota negara Indonesia tentu akan sedikit kesulitan untuk menemukan penjual resep masakan dengan bumbu bacem ayam ini. Tentu saja seperti resep masakan ayam goreng yang lain, Resep Ayam Bacem ini juga digoreng terlebih dahulu sebelum disantap bersama nasi putih. Tetapi perbedaanya adalam resep ayam goreng bumbu bacem ini terlebih dahulu direbus dengan berbagai macam resep bacem khusus dari Jogja sehingga bumbu dan rasa khas bacemnya benar benar terasa sampai daging bagian dalam.

Seperti juga membuat tahu dan tempe bacem ataupun gudeg jogja, Resep Ayam Goreng Bacem juga menggunakan jinten dan gula jawa sebagai salah satu bumbu rahasianya. Selain itu untuk merebus ayamnya digunakan juga air kelapa supaya hasilnya lebih legit dan lezat. Sebenarnya bisa juga menggunakan air bersih biasa, cuma supaya hasilnya lebih lezat dan mendekati Resep Ayam Bacem yang ada di tempat asalnya memang harus menggunakan air kelapa ini. Sebenarnya di Jogja sendiri Resep Ayam Goreng Bacem ini bisa menggunakan ayam potong atau ayam kampung. Tetapi buat saya pribadi rasa masakan bacem yang menggunakan bahan ayam kampung rasanya lebih gurih dan lebih enak dibandingkan dengan ayam negeri atau potong. Untuk lebih jelasnya mengenai bahan bahan apa saja yang dibutuhkan dan bumbu ayam bacem serta cara membuatnya silahkan melihat di bawah ini.

 

Bahan-bahan
1 kgayam
6 lbrdaun salam
3 cmlengkuas (geprek)
70 grgula merah
2 sdmsantan kental (kara)
1 ltrair
1 sdmasam jawa larutkan dgn 100 ml air dan saring
bumbu yg dihaluskan;
5 siungbawang putih
2 siungbawang merah
1,5 sdmketumbar sangrai
3/4 sdtjintan
sesuai seleragula,garam,kecap manis
minyak secukupnya utk menggoreng
2 bhkentang
3 bhtawkua/tahu +
Langkah
Masukkan semua bahan kecuali kentang dan tahu... Ungkep ayam sampai meresap dan airnya mengering. Angkat ayamnya lalu sisihkan dan goreng.
Sisa airnya jgn dibuang.. Tambahkan sedikit air dan ungkepkan kentang dan tahu sampe matang dan airnya mengering. (Sesuaikan rasa... Jika kurang asin atau manis bole ditambah). Lalu masukkan irisan daun bawang dan bawang goreng (pas kehabisan didapur 😳) ...resep ini benar2 mantap.. 1 resep dapat 2...hahhaaha.

banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: