Saturday 25 June 2016

5 Pasar Unik di Nusantara

anak hujan malam

Pasar Unik Nusantara

Di mana biasanya Anda berbelanja? Jika di kota besar, pastinya pasar modern atau pasar swalayan jadi yang paling sering didatangi untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Tetapi tidak di daerah-daerah pelosok Indonesia. Pasar tradisional masih menjadi sarana utama untuk membeli berbagai keperluan primer. Beberapa daerah, seperti dikutip dari Burufly, memiliki pasar yang sangat seru untuk didatangi.

Bukan hanya menyajikan dagangan tapi juga pengalaman luar biasa. Bosan dengan suasana pasar atau swalayan. Saatnya Anda menjelajah lima pasar seru ini.

1. Pasar Terapung Muara Kuin

 

Pasar ini berada di persimpangan dua sungai yaitu Sungai Kuin dan Sungai Barito di Pulau Borneo. Dagangan yang dijajakan memang kebutuhan biasa seperti sayur mayur dan buah, serta bahan pangan lain. Hal yang tidak biasa adalah pedagang menjajakan dagangannya di atas perahu, dan pembeli juga membelinya menggunakan perahu.

Di pasar ini juga masih berlaku sistem barter antar sesama pedagang. Pedagang yang bisa pindah kesana kemari dengan mendayuh perahunya tersebut sangat unik untuk didatangi. Tidak ada peraturan khusus di pasar ini, hanya ada perahu para penjual dan juga perahu para pembeli

 

2. Pasar Makale Toraja

Pasar ini menjadi babi sebagai komoditi utamanya, sehingga sering juga disebut Pasar Babi. Pasar ini terdiri dari tiga bagian. Bagian untuk anak babi, babi dewasa dan daging babi. Babi-babi ini ada yang dijual dalam keadaan masih hidup. Selain untuk dikonsumsi, babi juga dibeli untuk dipelihara. Pada bagian anak babi, biasanya dijajakan dengan cara dimasukkan dalam karung.

Jika ada yang ingin membeli, penjual biasanya membuka karung sedikit untuk memperlihatkannya pada pembeli. Penjualan babi dewasa dilakukan dengan cara babi diikat di bambu dan diletakkan di tanah. Pasar ini buka hanya sekali dalam enam hari.

3. Pasar Bolu Toraja

Lagi-lagi di Toraja, jika tadi terdapat Pasar Babi, lain halnya pasar ini. Pasar Bolu menjajakan hewan yang diagungkan di Toraja yaitu Kerbau. Pasar ternak ini jadi objek tujuan para wisatawan lokal maupun asing yang hanya ada setiap enam hari sekali (tergantung jadwal pasar).

Tidak seperti di tempat lain, kerbau di Toraja sangat sehat dan gemuk, harganya pun dapat mencapai ratusan juta. Kerbau merupakan komponen wajib setiap upacara adat di Toraja.


4. Pasar Tomohon, Manado



Jika pergi ke Manado, wajib datang ke Pasar Tomohon ini. Tapi sebelumnya, Anda harus siap mental dengan semua yang dijajakan karena menyediakan semua kuliner ekstreem. Mulai dari babi, kelelawar, kucing, tikus, ular sampai anjing. Terdapat bahan yang masih mentah atau pun yang sudah siap di konsumsi.

5. Pasar Jajanan Mobil, Bandung

Plesir ke Bandung, Anda harus datang ke Pasar Jajanan Mobil. Terdapat beraneka ragam kuliner dari kue basah, kue kering atau pun makanan lezat lainnya. Hal yang unik di pasar ini, pedagang menjajakan dagangan di bagian belakang mobil. Sehingga, tidak memerlukan lapak khusus.

banner
Latest
Next Post

1 comment:

  1. Artikelnya bagus mbak. Informatif dan mengangkat budaya Indonesia. Akan lebih mantan lagi jika di beri kalimat yang bersifat ajakan, jadi bukan hanya pemaparan, tapi juga ajakan. Tingkatkan

    ReplyDelete