Thursday 2 June 2016

Kue Itak Gurgur dan Ombus-ombus

Itak Gurgur Dan Ombus-Ombus

Itak Gurgur Dan Ombus-Ombus  merupakan dua makanan tradisional dari suku batak. Setiap bangsa batak yang merantau (keluar dari tanah kelahirannya) pasti akan merindukan dua makanan ini. Sebenarnya ada beberapa lagi makanan khas batak. RKT memilih dua jenis ini hanya karena, orang-orang tua suku batak menyuguhkan dua kue ini untuk anaknya, dari usia nak-anak hingga menjelang dewasa. Jadi, kue ini akan sangat berpengaruh pada jiwa setiap orang batak. Karena, mengingatkan akan masa anak-anaknya saat dikampung halaman dan saat bersama keluarga.

Itak Gurgur merupakan kue yang berbahan dasar tepung beras. Di kawasan Sumatera timur (pesisir timur, medan-tanjung balai) Itak Gurgur dikenal juga sebagai Kue Tepung Mentah. Karena dalam proses pembuatannya tidak dimasak. Adapun yang dimasak, proses sama persis hanya penambahan proses pengkukusan di akhir dan kue itak yang dikukus disebutPoul-Poul (artinya kepalan tangan). Gurgur dalam bahasa batak dapat diartikan membara. Maka, saat memberian Itak gurgur sipemberi berharap sipenerima atau yang memakan Itak Gurgur memiliki semangat yang membara.

Sedangkan Ombus-Ombus merupakan makanan kukus berbalut daun pisang layaknya lappet/lemet pada bagian tengahnya juga berisikan gula merah. Sedikit berbeda dari lappet ialah Ombus-Ombus memiliki bentuk kerucut sempurna. Terbuat dari tepung ketan dan parutan kelapa. Setiap anak batak akan merindukan kue yang satu ini. Orang dewasa yang sedang kangen kampung halaman juga sering melampiaskannya dengan berburu kue ini diperantauan.

So, yuk kita obati rindu dengan membuat kedua kue ini! Pertama cara membuat Itak gurgur

Bahan Itak Gurgur

  • 2 gelas beras putih
  • 1/4 butir kelapa setengah tua, parut jangan kena bagian tempurungnya
  • 100 gram gula pasir boleh juga gula merah, diiris halus

Cara membuat Itak gurgur

  • Rendam beras dengan Air selama 1-2 jam. Tiriskan, kemudian giling menggunakan tesung atau blender kering. dan ayak.
  • Jangan gunakan tepung beras yang sudah jadi, karena rasanya sangat berbeda dgn beras yang digiling sendiri.
  • Campurkan tepung beras hasil gilingan dengan kelapa parut dan gula. Aduk hingga rata.
  • Ambil adonan seukuran kepalan tangan lalu padatkan menggunakan kepalan hingga membekas jari pada adonan.
  • Itak siap di hidangkan.
  • Untuk yang masak (POULPOUL) kukus itak dalam dandang hingga mengembang.

Selanjutnya cara membuat kue ombus-ombus

cara membuat kue ombus-ombus

Bahan ombus-ombus

  • 200 gram tepung ketan
  • 200 gram kelapa muda, parut
  • 100 gram gula merah, iris tipis
  • garam secukupnya
  • daun pandann, iris halus
  • daun pisang sebagai pembungkus

Cara Membuat

  • Pertama kukuslah tepung ketan bersama kelapa dan garam. Aduk rata hingga adonan berbutir.
  • Ambil selembar daun pisang untuk membungkus, bentuk kerucut masukkan daun pandan lalu satu sendok adonan tepung ketan yang telah dikukus tambahkan gula merah secukupnya. dan terakhir penuhkan dengan adonan tepung tepung ketan terakhur, tutup.
  • Terakhir susun dalam dandang pengkukus, masak hingga matang dan sajikan.

Demikianlah Resep Kue Itak Gurgur dan Ombus-ombus. Jika, suami atau ada saudara anda orang batak. Beri hadiah dengan kedua hidangan ini. Maka, anda akan mendapati kebahagian yang tak dapat diungkapkannya. Selamat mencoba dan selamat berbagi kerinduan kampung halaman!

banner
Previous Post
Next Post

4 comments:

  1. Kisah Nyata Dari Saya Ibu Rati Trie Uttami, Tanggerang Banten.
    Salam Untuk Semuanya Sedikit Ingin Berbagi Kepada Teman2 Sekalian Tentang Keberhasilan Saya Mendapatkan Dana Gaib Dari Aky Sadewa Pakar Ahli Pesugihan Islami, Pada Awalnya Saya Sangat Tidak Percaya Dan Berfikir Ini Hanya Program Orang Iseng Yang Tidak Bertangguangjawab, Namun Bertepatan Kondisi Saya Yang Sedang Mengalami Kerugian Yang Sangat Dalam Berbisnis Dan Harus Segera Melunasi Hutang2 Saya Di Bank Yang Sudah Menumpuk Dengan Kondisi Terhempit Saya Coba Untuk Menghubungi Aky Sadewa Untuk Meminta Bantuan Agar Saya Bisa Bayar Hutang Dan Dan Puji Syukur Saya Ucapkan Bantuan Dari Aky Benar Sangat Nyata Saya Mendapatkan Bantuan Uang Gaib Dengan Jumlah 1Milyar, Proses Cepat Cair Hanya Dengan Membayar Biaya Mahar Untuk Keperluan Ritual Uang Gaib 1 Milyar Langsung Masuk Ke Rekening Tabunagan Saya Sungguh Luar Biasa, Terima Kasih AKY Berkat Bantuannya Hutang2 Saya Sudah Lunas Dan Sekarang Saya Mulai Membuka Bisnis Baru Lagi, Maka Dari Itu Kepada Teman2 Jangan Ragukan Pesugihan Aky Sadewa Karna Saya Sudah Membutikan Sendiri hasilnya.. Contact Person Aky Sadewa Di: (~0823~9966~6829~) Untuk Info Lengkapnya Kunjungi Di Situs: www.akysadewaritualislami.com

    ReplyDelete